Intro

Lectori Salutem,

تَنَاصَحُوْا فِى الْعِلْمِ ، وَلاَ يَكْتُمْ بَعْضُكُمْ بَعْضُا ، فَإِنَّ خِيَانَةً فِى الْعِلْمِ أَشَدُّ مِنْ خِيَانَةٍ فِى الْمَالِ . ( ابو نعيم
“Saling berlakulah jujur dalam ilmu dan jangan saling merahasiakannya. Sesungguhnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebih berat hukumannya daripada berkhianat dalam harta.” (Abu Nu’aim).

Halaman blog ini dibuat untuk tujuan penyebarluasan satu isu yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, yaitu Internet. Dari 200 juta lebih penduduk Indonesia, 50 juta diantaranya aktif menggunakan Internet. Email lamaran kerja, browsing tugas sekolah/kampus, galau di Twitter, cek lowongan kerja di JobsDB, caritahu kegiatan mantan di Facebook, narsis di flickr, bikin ngiler orang di Instagram, cari penawaran terbaik di Kaskus, dan lain-lain.

Dari 24 jam waktu kita, minimal seperempatnya kita habiskan di dunia maya. Dunia maya sama dengan dunia nyata. Di sana juga ada aturan hukum, norma, etika, tata cara bergaul, dll. Siapa yang mengatur itu semua? macem2 jawabannya. Yang pasti entitas yang terlibat di dalamnya adalah: pemerintah (government) ; masyarakat sipil (civil society) dan korporasi/sektor bisnis/swasta, dengan bermacam nama dan tujuan. Nama umum yang dipakai tentang pengaturan dunia maya ini adalah ‘Tata Kelola Internet’ atau ‘Internet Governance’ atau Gouvernance de l’internet (yang terakhir boso prancis hasil google translate).

Mau tahu lebih lanjut? silakan telusuri blog ini, semoga berguna!

oia, mengingat minimal 200 juta dari 7 milyar penduduk bumi berbahasa Indonesia, maka sebisa mungkin blog ini berbahasa Indonesia, juga menimbang karena materi dalam bahasa Inggris bisa lihat di blog lain.

sip yaa

…sumonggo…silakeun…please…🙂🙂🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s