Link

Gara-gara Komentar di Facebook, Johan Jadi Tersangka


SURABAYA, KOMPAS.com — Gara-gara mengomentari berita terkait penggelapan uang Gereja Bethany senilai Rp 4,7 triliun, Johan Yan (38) ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Johan dilaporkan dengan tuduhan pencemaran nama baik oleh pihak Gereja Bethany. Warga Perumahan Delta Tiara, Kecamatan Waru, Sidoarjo, yang juga berprofesi sebagai motivator ini dijerat Pasal 45 Ayat(1) jo Pasal 27 Ayat(3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) karena berkomentar pada tautan berita yang dipampang di akun jejaring sosial Facebook-nya pada Februari lalu.

Dalam kolom komentar, Johan menulis, “Korupsi atau money laundry yang dilakukan oleh ulama bukan ajaran agama Kristen”. “Saya tidak punya maksud apa-apa, hanya sekadar berkomentar karena isu di berta tersebut memang sedang hangat dibahas di sejumlah media cetak dan elektronik termasuk di Kompas.com,” kata Johan, Rabu (14/8/2013).

Menurut Johan, setelah ada pihak yang keberatan dengan komentarnya, dia mengaku segera menghapus komentar tersebut, bahkan meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan. “Saya juga kaget, padahal saya sudah menemui mereka yang berkepentingan, tapi saya tiba-tiba ditetapkan tersangka,” terangnya.

Berita yang dikomentari Johan membahas dua kelompok jemaat Gereja Bethany, Surabaya, yang saling lapor ke Polda Jatim. Pihak pengelola gereja dilaporkan terkait dugaan korupsi dana gereja senilai Rp 4,7 triliun. Sebaliknya, pengelola gereja melaporkan balik si pelapor dengan dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik.

Editor : Glori K. Wadrianto
Penulis :Kontributor Surabaya, Achmad Faizal | Rabu, 14 Agustus 2013 | 09:22 WIB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s