Belum Lama Diresmikan, Fasilitas Desa Informasi Boven Digoel Tak Berfungsi


Sebanyak 88  unit telepon satelit  fasilitas  program desa informasi  di kabupaten Boven Digoel, Papua tidak berfungsi lagi. Fasilitas itu dipasang di setiap kampung untuk mempermudah informasi.

Namun, saat ini semua fasilitas tersebut tidak dapat berfungsi. Padahal peresmian penggunaannya baru dilakukan pada tanggal 6 Desember 2012 lalu oleh Direktorat Jendral Komunikasi dan informasi, Kementerian Komunikasi dan Informasi. Fasilitas ini hanya sempat berfungsi selama dua minggu saja.

“Sempat bisa digunakan untuk telfon anak yang sedang kuliah di Merauke, dan kadang anak yang di Merauke menghubungi melalui telfon umum ini,” ungkap Maria Wometa, salah seorang warga kampung Ogenetan Distrik Iniyandit.

Namun, kini jika hendak menghubungi anaknya Maria harus pergi ke kota Tanah Merah yang berjarak 65 kilometer dari kampungnya.

Padahal, jika melihat fisik dari peralatan komunikasi itu, perlu anggaran yang cukup besar untuk merakit telepon satelit. Misalnya saja, alat itu terdiri dari Parabola V-Sat, Modem, Solar Panel (listrik tenaga matahari) juga perlengkapan pendukung lainnya. Barang-barang ini kini tidak berfungsi lagi karena tidak ada teknisi yang datang untuk memperbaikinya.

Apabila fasilitas tersebut berfungsi dengan baik, sangat membantu masyarakat di kampung-kampung terpencil. Misalnya saja untuk berkomunikasi terkait masalah pemerintahan kampung atau urusan keluarga.

Kini masyarakat kampung mengharapkan perbaikan sarana informasi tersebut. Apalagi, di setiap kampung telah dibentuk kepengurusan yang mengurusi pemanfaatan sarana itu. Mereka pun telah mendapatkan pelatihan dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Boven Digoel. (Siswanto)

Sumber : Radio Fajar Pengharapan

http://www.portalkbr.com/nusantara/papua/2466462_4263.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s