Peretas Situs SBY Terancam Penjara 12 Tahun & Denda Rp 12 Miliar


Jakarta – Peretas situs presidensby.info yang telah tertangkap pihak kepolisian terancam bisa mendekam di kurungan penjara paling lama 12 tahun dengan tambahan denda Rp 12 miliar.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto kepada detikINET, Selasa (29/1/2013).

“Pelaku bisa dikenakan pasal 35 UU ITE No. 11/2008, karena orang yang dimaksud telah dianggap dengan sengaja dan tanpa hak memanipulasi, merubah, merusak, dan lainnya. Ancamannya diatur di pasal 51 ayat 1 maksimal penjara 12 tahun dan denda maksimal Rp 12 miliar,” papar Gatot.

Seperti diketahui, pihak kepolisian telah mengamankan seorang hacker yang meretas situs www.presidensby.info. Situs Presiden SBY ini sempat diusili oleh pelaku dengan meninggalkan identitas sebagai Jember Hacker.

Hacker yang kemudian diketahui bernama Wildan itu diamankan petugas dari Bareskrim Mabes Polri di sebuah warnet di Jember.

Situs www.presidensby.info pada Rabu (9/1/2012), diketahui sempat dipermak oleh peretas. Pelaku meninggalkan jejak dengan menuliskan diri sebagai Jember Hacker Team.

Namun menurut pelacakan yang dilakukan Id-SIRTII, lokasi IP Address dan DNS pelaku bukan dari Indonesia. Melainkan dari Texas, Amerika Serikat.

Memang, meski terlacak dari Negeri Paman Sam. Bisa saja pelaku juga masih orang Indonesia yang memalsukan IP-nya ke negara lain. Hal itu tentunya biasa dilakukan para peretas untuk mengaburkan jejak.

Kementerian Kominfo sendiri ikut menyambut tertangkapnya peretas tersebut. “Kami menyambut baik upaya aparat yang tidak terlalu lama menangkap yang meretas. Ini menjadi pelajaran bagi siapapun, jangan sembarangan melanggar ketentuan-ketentuan yang dilarang di UU ITE,” kata Gatot.

sumber: http://inet.detik.com/read/2013/01/29/132714/2155162/323/peretas-situs-sby-terancam-penjara-12-tahun-denda-rp-12-miliar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s