Pasal 27 UU ITE menjerat korban KDRT : Kasus Wakil Walikota Magelang


Kasus Wawali Magelang: Joko balik laporkan istrinya ke polisi

Metrotvnews.com, Magelang: Wakil Wali Kota Magelang Joko Prasetyo balik melaporkan istrinya, Siti Rubaidah, ke Polres Magelang Kota atas dugaan pencemaran nama baik dan fitnah.

Joko Prasetyo datang ke Mapolres Magelang Kota bersama dua ajudan dan pengacaranya, Alouvie Ridha Mustofa, langsung ke ruang Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu, Selasa (29/1).

Siti Rubaidah sebelumnya telah melaporkan suaminya, Joko Prasetyo, atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan nikah siri. Usai pembuatan berita acara pemeriksaan (BAP) di SPKT, Joko langsung membawa berkasnya menuju Satreskrim untuk pemberian keterangan lebih lanjut. Pemberian keterangan berlangsung sekitar 2,5 jam.

Pada laporan Nomor : LP/b/14/I/13/jateng/res.mgl.kota tersebut, Joko melaporkan Rahayu Kandiwati, seorang aktivis perempuan, dan Siti Rubaidah yang telah memberikan pernyataan di media massa serta dalam situs change.org.

Dalam berita acara pemeriksaan, dia melaporkan keduanya telah mencemarkan nama baik berupa tuduhan perselingkuhan berkali-kali, nikah siri, tuduhan kekerasan seksual, dan mempersulit atau menghalangi ketemu anak. Pencemaran itu dilakukan pada 21 Desember 2012 di alun-alun Magelang.

“Ini masalah kecil bagi saya dan masalah internal keluarga. Sebagai warga negara yang menghormati hukum akhirnya kami melangkah ke hukum. Kami lakukan ini bukan untuk pribadi tetapi untuk kepentingan umum. Mengingat ini menjadi pro dan kontra dan keresahan di masyarakat. Juga dampak psikologis pada anak saya, maka mulai hari ini kami tidak akan komentar di media tapi melalui pengacara saya,” katanya.

Ia menuturkan, sebelumnya upaya mediasi antara dirinya dengan istrinya dari pihak ketiga sudah berkali-kali dilakukan, namun tidak pernah berhasil.

Terakhir, katanya, mediasi dilakukan oleh Ketua DPRD Magelang HM Hasan Suryoyudho di rumah dinas ketua dewan, namun gagal karena Siti Rubaidah tidak hadir. “Sampai saat ini harapannya pulang ke rumah, soal hukum laporannya dicabut atau tidak, tidak masalah. Saya juga belum pernah ketemu dia (Siti Rubaidah) untuk minta mencabut laporan,” katanya.

Pengacara Joko, Alouvie Ridha Mustafa mengatakan, kliennya telah melaporkan dugaan pelanggaran UU ITE pasal 27 serta pasal 310 dan 311 KUHP. Hal itu dilakukan mulai 21 Desember hingga saat ini.

Kasatreskrim AKP Kiswiyono membenarkan Joko memang telah melaporkan istrinya dengan kasus pencemaran nama baik dan tuduhan fitnah. “Sebelumnya, Joko juga telah melaporkan istrinya dengan dua kasus sekaligus, berisi dugaan menelantarkan anak dan laporan pencurian dalam keluarga, pada Selasa (22/1) malam,” katanya. (TS/Ant/OL-04)

sumber: http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/01/29/6/127032/Wakil-Wali-Kota-Balik-Laporkan-Istri-ke-Polres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s