‘Pejabat Mesum’ Jadi Alat Penyebar Malware di Facebook


Jakarta – Cara-cara tak senonoh makin sering digunakan para penyebar program jahat di Facebook, dan kali ini menggunakan video ‘pejabat mesum’ sebagai umpan.

Jebakan ini sebenarnya adalah varian lain dari malware ‘autolike’ yang baru-baru ini menghebohkan warga Facebook Tanah Air. Namun dengan menawarkan video mesum, maka disinyalir cukup banyak pengguna yang terkecoh.

Malware ini menyebar melalui status pengguna yang terinfeksi, isinya kurang lebih mengajak para teman korban untuk melihat video asusila antara oknum pejabat dengan siswi SMU yang sebenarnya tidak ada.

Saat diklik, maka calon korban dibawa ke situs baru yang sarat dengan gambar tak pantas. Di situ juga terpampang sebuah kotak konfirmasi yang menawarkan calon korban ingin terus melihat atau tidak.

Jika calon korban menekan tombol ‘Oke Lanjut’ maka pengguna akan dituntun untuk melakukan beberapa langkah pengambilalihan akun. Cara ini terbilang berbelit, namun siapa sangka tetap banyak calon korban yang terbius untuk terus melakukan.

“Sampai saat ini jumlahnya (korban-red) sekitar 3.000-an, tapi yang mengakses situs ‘pejabat mesum’ sudah 100 ribu,” kata Alfons Tanujaya, pakar Antivirus dari vaksincom kepada detikINET, Selasa (8/1/2013).

Ujung-ujungnya, tak satu video pun yang akan ditemui korban. Para pengguna yang sudah kadung terjebak justru diminta untuk menginstal aplikasi gadungan bernama ‘Xperia Smartphone from Sony’. Selain itu korban akan diajak berkeliling ke situs tak senonoh lainnya dan juga situs abal-abal yang berpromosi.

sumber: http://inet.detik.com/read/2013/01/08/130411/2136093/323/pejabat-mesum-jadi-alat-penyebar-malware-di-facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s