Novi Ancam Tuntut Perdata Pengunggah Foto Syurnya : Kasus penyebaran Foto ke Media Sosial


JAKARTA, KOMPAS.com – Kuasa hukum Novi Amalia akan tetap mencari tahu orang yang mengunggah foto-foto berbikini Novi ke jejaring sosial. Mereka juga akan menuntut secara perdata jika orang yang mengunggah foto tersebut sudah berhasil diketahui.

“Kita akan tetap cari tahu orang yang unggah foto Novi. Nanti bisa diperkarakan kasus perdata juga. Tapi nantilah itu. Yang penting kita tahu dulu siapa yang unggah,” kata Chris Sam Siwu, pengacara Novi Amalia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/1/2013).

Mengenai empat anggota polisi yang sudah diberikan sanksi, kata Chris, ia sudah mengetahuinya dan mengapresiasi tindakan tersebut. Tetapi, sanksi yang diberikan hanya menyangkut kode etik sehingga perlu pendalaman untuk mengetahui pengunggah foto tersebut.

Chris mengatakan, wartawan yang digadang-gadang ikut memiliki foto Novi pun seharusnya mendapatkan sanksi hukum. Sanksi tersebut seharusnya diberikan oleh atasan dari wartawan, karena mengambil gambar Novi yang tidak menggunakan pakaian sudah melanggar kode etik.

“Kita kan enggak tahu siapa yang sebar, makanya dikasih sanksi etika saja untuk wartawannya, seperti polisi. Sebenarnya wartawan kalau cari berita kan harus pakai nurani, enggak etis kalau ambil-ambil gambar saat Novi sedang dalam keadaan tidak sadar,” ungkap Chris.

Sebelumnya, Polres Jakarta Barat telah memberikan sanksi hukuman kepada empat anggota Polsek Tamansari yang telah mengambil foto setengah bugil Novi Amalia di ruang SPK. Hukuman sanksi disiplin tersebut berupa penahanan, mutasi kerja, atau penundaan kenaikan pangkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s