Kenalan di Facebook, Siti Diperdaya “Polisi”


Prabowo – Okezone. Kamis, 16 Agustus 2012 22:09 wib

YOGYAKARTA – Mengaku polisi, seorang pria, bernama Aditya di akun Facebook, memperdaya Siti (29), warga Sindumartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Siti, yang bekerja di sebuah sekolah dasar di Kecamatan Kraton, rela merogoh kocek Rp9 juta untuk pria tersebut.

Kasus penipuan ini bermula dari perkenalan korban dengan pelaku melalui Facebook. Adit mengaku sebagai duda beranak satu dan anggota Polri yang bertugas di Palembang, Sumatera Selatan. Adit menyebut istrinya meninggal karena kecelakaan.

“Pelaku mengaku kepada korban sedang mencari jodoh. Kemudian, keduanya mulai arab dan saling bertukar nomor telefon,” jelas Kabag Humas Polresta Yogyakarta, Iptu Haryanto, Kamis (16/8/2012).

Singkat cerita, kedua insan itu mulai membangun kepercayaan satu sama lain. Meski belum pernah bertemu, mereka komitmen untuk berpacaran.

Pelaku meminta uang kepada korban dengan alasan untuk biaya mutasi ke Polresta Yogyakarta. Alasannya, agar pelaku bisa bertemu langsung dengan korban dan berumah tangga. Iming-iming itu yang membuat korban jatuh hati ke pelaku.

Sepekan lalu, Kamis, 9 Agustus sekira pukul 10.45, Siti mentransfer uang ke rekening pelaku melalui BRI Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

“Korban hanya diperdaya, setelah mentransfer uang, pelaku justru meminta lagi uang dengan berbagai alasan, salah satunya biaya yang dipakai untuk mutasi ke Yogyakarta belum cukup,” jelas Haryanto.

Namun, kelamaan Siti keberatan menyediakan dana. Adit pun mengancam akan mengedarkan foto Siti yang sudah direkayasa pelaku sehingga tampak bugil. Merasa diancam, Siti melapor ke polisi.

Bukti transfer ke rekening pelaku dan beberapa SMS ancaman tersebut juga diperlihatkan ke penyidik. Petugas masih melakukan penyelidikan kasus penipuan ini.

Kaur Bin Ops Satreskrim Polresta Yogyakarta, Iptu I Made Hendra, mengatakan, modus penipuan seperti itu bukan hal baru. Pihaknya meminta agar masyarakat tidak mudah percaya kepada orang yang belum jelas asal-usulnya.

(ton)

sumber: http://jogja.okezone.com/read/2012/08/16/510/678766/kenalan-di-facebook-siti-diperdaya-polisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s