Video

Akun Palsu Abraham Samad dan Novel Baswedan di Twitter


Sebagai media sosial yang memiliki jutaan pengguna, Twitter tak lepas dari ulah iseng orang-orang yang tak bertanggung jawab. Seperti kehebohan KPK versus polisi yang membuat orang mengail di air keruh dengan membuat akun-akun palsu. Akun @SamadAbraham di Twitter mengaku sebagai akun resmi Ketua KPK, Abraham Samad. Namun, sebenarnya akun ini sudah terdeteksi palsu sejak kemunculannya akhir tahun 2011 silam usai terpilihnya Abraham Samad sebagai ketua KPK.

Saat polemik KPK melawan polisi, akun tersebut kembali berkicau dan malah menuding SBY secara terang-terangan.

“Presiden memaksa kami menyerahkan Novel. Hanya satu kata: lawan!” demikian salah satu tweet yang ditulis pada 8 Oktober lalu.

Jika memakai akal sehat, seorang ketua lembaga negara seperti KPK tidak akan melontarkan kalimat vulgar seperti itu di ranah publik, meskipun ada kebijakan presiden yang tidak sejalan. Entah apa motif di balik akun palsu tersebut, yang jelas akun @SamadAbraham sudah memiliki jumlah followers sebanyak 29 ribu lebih.

Keisengan juga diikuti dengan munculnya akun Twitter yang mengatasnamakan Novel Baswedan, penyidik KPK yang tengah disorot terkait polemik KPK dan Polri. Akun bernama @Novel_KPK_RI tiba-tiba muncul sejak 8 Oktober lalu saat nama Novel Baswedan mencuat. Hingga saat ini akun tersebut hanya melemparkan tweet sebanyak 13 kali dan tidak memiliki followers sefenomenal @SamadAbraham.

Salah satu tweet yang mengindikasikan bahwa akun tersebut palsu adalah saat ia mengecam SBY dengan kalimat:

“SBY ngomong doang penangkapan saya kurang tepat ,tapi saya tetap ditangkap ,dia itu takut kalau jadi tersangka korupsi B Century”.

Lagi-lagi kalimat hujatan pada SBY menandakan bahwa akun tersebut meragukan dan palsu. Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh akun resmi KPK yakni @KPK_RI yang mengatakan:

“Kami informasikan bahwa akun@Novel_KPK_RI bukanlah milik Penyidik Novel Baswedan. Trims”

Nah, fenomena munculnya akun-akun yang mendompleng kehebohan suatu kasus yang tengah disorot, tentu saja harus membuat pengguna Twitter semakin waspada dan bisa mendeteksi keaslian suatu akun. Salam.

sumber: http://www.belummandi.com/2012/10/akun-palsu-abraham-samad-dan-novel.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s